Minggu, 27 November 2011

Kalimat Utama

        Kalimat utama adalah kalimat dituangkan ide pokok atau pikiran utama. Berdasarkan letaknya, kalimat utama dapat terletak di awal kalimat (Paragraf deduktif), di akhir paragraf (paragraf induktif), atau di awal dan akhir( deduktif-induktif) Selain itu ada paragraf yang tidak mengandung kalimat utama tetapi tetap memiliki ide pokok. Paragraf seperti ini ide pokoknya terletak pada seluruh paragraf.
        a. Contoh paragraf yang kalimat utamanya di awal paragraf
        Keadaan bahasa Indonesia di media massa khususnya dan di masyarakat pada umumnya masih belum sebaik yang diharapkan. Media massa mempunyai peranan penting untuk membina masyarakat pemakai bahasa Indonesia. Masyarakat pemakai bahasa Indonesia masih sesuka hati mereka, banyak kata dipotong-potong, banyak kata ditulis salah yang seharus dipisah malah ditulis serangkai atau sebaliknya.
        b. Contoh paragraf yang kalimat utamanya di akhir paragraf.
        Seluruh keputusan di Helshinki, Finlandia bukan proyek elite, melainkan merupakan kesepakatan mewujudkan perdamaian di Aceh. Pihak-pihak yang berkonflik tidak lagi mengkhianati.  Proses pemilihan rekonstruksi pasca tsunami di Aceh pun dapat berlangsung cepat. Perekonomian Aceh membaik. Inilah berita gembira yang sudah dirindukan di Aceh.
        c. Contoh paragraf yang kalimat utamanya di awal dan di akhir
        Konflik akibat perbedaan selalu ada dalam masyarakat. Di masyarakat terdapat orang yang kebutuhannya tidak sama. Begitu juga pencapaian kebutuhan tidak sama, ada yang dapat mencapai kebutuhan dengan baik, ada yang hanya sebagian saja. Kenyataan seperti ini selalu ada. Oleh karena itu kemungkinan munculnya konflik selalu ada.
       Menemukan kalimat utama sebenarnya tidak sulit. Kalimat utama pada awal paragraf biasanya mengandung pernyataan yang bersifat umum, pernyataan yang masih memerlukan penjelasan atau pengembangan, rincian. Kalimat utama pada bagian akhir biasanya merupakan simpulan dari kalimat-kalimat penjelas sebelumnya. Sedangkan kalimat utama yang terletak di awal dan di akhir adalah pengulangan kalimat utama di awal paragraf. Apabila kelimatnya kalimat majemuk bertingkat, kalimat utamanya pada induk kalimat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar