Jumat, 20 Juli 2012

Uji Kompetensi Pedagogis

1. Siapakah yang menetapkan visi tentang pendidikan nasional di Indonesia?
    (Kementerian Pendidikan Nasional)

2. Apa visi pendidikan nasional tersebut?
    (Terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu  dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.)

3. Sejalan dengan itu, apa hasrat kementrian pendidikan tahun 2025?
    (menghasilkan insan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif)

4. Apa rumusan visi Dirjen Mandikdasmen  ?
   (Terwujudnya institusi yang mampu memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik secara optimal, sehingga mereka dapat memiliki kesiapan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan hidup di tengah-tengah masyarakat secara produktif)

5. Apa visi pendidikan  nasional menurut uu no 20 tahun 2003?
    (Visi pendidikan nasional menurut uu no.20 th 2003 adalah 1) mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia. 2) membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar. 3) meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral. 4) meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global dan 5) memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks NKRI.)

6. Apa makna dari visi dan misi menurut uu no 20 tahun 2003?
    (Visi dan misinya mengandung makna agar pendidikan nasional dapat berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk waktak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman yang bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga negara demokratis dan bertanggung jawab.

7. Apa dasar kebijakan pembangunan pendidikan nasional?
    (Amanat UUD 1945, uu no 20 tahun 2003, RPJMN 2004-2009)

8. Apa pasal dalam UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan?
    ( pasal 31 UUD 1945)

9. Apa pernyataan lengkap pasal 31 UUD 1945?
    Pasal 31 UUD 1945 menyatakan bahwa 1) Setiap warga negara berhak mendapatkaan pendidikan. 2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. 3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelengggaraan pendidkkan nasional serta 5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahauan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan manusia.

10. Bagaimana pernyataan lengkap dalam uu nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional?
      ( Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan naasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak sera peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga negara demokratis dan bertanggung jawab.)

11. Apa prinsip-prinsip dalam menyelenggarakan pendidikan nasional?
     ( 1)demokrtis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif serta menjunjung tinggi hak asasi manusi, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. 2) Satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multi makna, diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepannjang hayat. 3) memberi keteladanan membangun kemauan dan mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran. 4) Mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. 5) Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan segala komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelengaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.)

12. Apa tujuan pendidikan nasional jangka menengah?
   (mengembangkan iman, meningkatkan penguasaan ilmu, meningkatkan kualitas jasmani, meningkatkan pemerataan kesempatan belajar, menuntaskan program wajib belajar, menurunkan penderita buta aksara, memperluas akses pendidikan, meningkatkan daya saing, meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan relevansi pendidikan, menata sistem peraturan pendidikan, meningkatkan efisiensi dan efektifitas, mempercepat pemberantasan korupsi)

13. Apa arah pembangunan Indonesia tahun 2005-2009 sesuai dengan visi jangka panjang yang termuat dalam dokumen "Membangun Indonesia yang aman adil dan sejahtera"? (SBY Kalla)
    (terwujudnya kehidupan masyarakat yang aman, rukun, menjunjung tinggi hukum, kesetaraan dan hak asasi manusia, mempu  menyediakan kesempatan kerja dan kehidupan yang layak)

14.Pembangunan nasional pendidikan ke depan didasarkan pada paradikma membangun manusia Indonesia seutuhnya, yang berfungsi sebagai subjek yang memiliki kapasitas untuk mengaktualisasikan potensi dan dimensi manusia secara optimal. Dimensi kemanusiaan tersebut mencakup tiga hal penting mendasar. Sebutkan!
 ( afektif, kognitif dan psikomotorik)

15. Apa pasal yang mengamatkan pentingnya pendidikan bagi seluruh warga negara?
      (Pasal 28C ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan, dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan umat manusia.)

16. Apa maksud menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif?
     ( cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, cerdas kinestetis secara komprehensip)

17. Apa tujuan pendidikan transformatif?
      (agar menjadi masyarakat maju, berbasis pengetahuan)

18. Apa yang dimaksud masyarakat madani?
     (masyarakat demokratis, taat, tunduk pada hukum, melestarikan keseimbangan lingkungan dan menjunjung tinggi hak asasi)

19. Apa misi pendidikan nasional tahun 2005-2009?
      (mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan Indonesia cerdas, komprehensif dan kompetitif)

20. Untuk mewujudkan misi pendidikan nasional, kemendiknas menetapkan strategi dan program yang disusun berdasarkan skala prioritas. Apa saja fokus dari pembangunan pendidikan nasional tersebut?
     (penggunaan APBN dan APBD diupayakan untuk  pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi, daya saing keluaran pendidikan, peningkatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik pengelolaan pendidikan.)
 
21. Apa saja nilai-nilai masukan (input value)  yang merupakan nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam bekerja di Kemendiknas  dalam rangka mencapai keunggulan?
      (Setiap pegawai Kemendiknas harus mencapai keunggulan : amanah, profesional, antusias, bertanggung jawab, kreatif, disiplin, peduli dan menghargai orang lain, belajar sepanjang hayat)

22. Apa saja nilai-nilai proses (proses  value)  yang merupakan nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam bekerja di Kemendiknas  dalam rangka mencapai kondisi yang diinginkan?
      (Kondisi yang diinginkan : visioner dan berwawasan, menjadi teladan, memotivasi, mengilhami, memberdayakan, membudayakan, taat asas, koordinatif dan bersinergi, akuntabel.)


23. Apa saja nilai-nilai keluaran (output value) yang diperhatikan stake holders, donatur, dunia pendidikan dan masyarakat lainnya?
      (Produktif, gandrung mutu tinggi, dapat dipercaya, responsif, antisipasif, demokratis)


24. Apa tujuan dan sasaran yang ingin dicapai melalui pembangunan pendidikan tahun 2010-2014?
     (tercapainya keluasan dan pemerataan akses PAUD bermutu, akses pendidikan dasar bermutu, kesetaraan gender, akses pendidikan menengah bermutu, akses pendidikan dewasa berkelamnjutan dan tata kelola pengendalian dan pengawasan intern.)


25. Siapa saja yang terlibat dalam pemecahan masalah tentang pendistribusian dan pemanfaatan pendanaan massal dengan cara meningkatkan fungsi pengendalian dan pengawasan?
 (BPKP Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan, ispektorat daerah, komite, dewan pendidikan dan peran serta masyarakat)


26.Sebutkan prinsip mengajar yang perlu diketahui dan diterapkan oleh seorang guru?
     1) Guru harus dapat membangkitkan minat  peserta didik pada materi pelajaran, 2) peserta didik aktif berpikir. 3. membuat urutan materi, 4) menghubungkan materi dengan pengalaman peserta didik, mengkorelasikan materi dengan keseharian, 5) mengembangkan sikap sosial peserta didik,6) mendalami secara individual, 7) menjaga konsentrasi belajar, 8) repetisi 9) dapat mengevaluasi 10) melayani siswa sesuai perbedaan.)


27.Apa yang perlu dilakukan seorang agar seorang guru dapat dikatakan sebagai guru profesional?  
     ( Guru harus mengerti dan menyenangi pendidikan, menerapkan prinsip mengajar yang baik, memotivasi kerja , sabar, multi peran, mengikuti perkembangan komunikasi, mempunyai program pengajaran yang jelas, berbudi pekerti luhur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar