Senin, 28 November 2011

Soal Esai

Jawablah dengan singkat dan jelas!
1. Tentukan subjek predikatnya pada kalimat : a. Perawat yang cantik itu ternyata belum lulus ujian. b. Dokter dan rumah sakit hendaknya bekerja sama.
2. Susunlah kalimat dengan kata sakit yang dibentuk dengan  imbuhan me-i, di-i, me-kan 
3. Terangkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional!
4. Buatkan paragraf narasi tentang kesehatan!
5. Apa perbedaan paragraf induksi dan paragraf deduksi! Jelaskan!


Jawaban :
1). Menentukan subyek dan predikat pada kalimat :
Perawat yang cantik itu ternyata belum lulus ujian.
                S                                             P
                           
Dokter dan rumah sakit hendaknya bekerja sama.
     S1           s2                                      P
2). Menyusun kalimat
 a. me-i 
     Rina telah menyakiti hati Santi.
 b. di-i 
     Andi disakiti oleh temannya sendiri.
 c. me-kan
     Kata-katanya itu sangat menyakitkan.
3). Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional :
 a. Lambang kebanggaan nasional.
 b. Lambang identitas nasional.
 c. Alat pemersatu berbagai masa yang berbeda latar belakang sosial budaya dan bahasanya.
 d. Alat perhubungan antar budaya,antar daerah.
4). Membuat paragraf narasi :
           Dahulu pada waktu saya SMA N Bukateja kelas XII tahun 2010, saya pernah mengalami kecelakaan motor. Pada waktu itu saya ingat pada hari Senin malam sekitar pukul 19.30 tapi saya tidak ingat tanggal berapa kejadian itu terjadi. Saya membonceng teman saya naik motor. Saya dan teman saya mau membeli pulsa. Saya dan teman saya berjalan dari arah timur, dan di pertigaan lampu merah teman saya menerobos langsung belok ke arah selatan. Tiba-tiba dari arah timur ada motor dengan kecepatan tinggi akhirnya kami bertabrakan. Saya terlempar dari motor sekitar jarak 1 meter sedangkan teman saya tertindih motor sehingga terluka. Saya tidak dibawa ke rumah sakit, karena saya hanya pegal-pegal dan sedikit memar. Setelah semua kejadian itu tejadi, sekarang saya lebih berhati-hati dalam mengendarai motor. Karena tidak mau kejadian seperti itu terjadi lagi dalam hidup saya.
5.) Perbedaan paragraf Induksi dan paragraf Deduksi
     Paragraf induksi, pokok pikiran ada di akhir paragraf. Sedangkan paragraf deduksi, pokok pikiran ada di awal paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar