Minggu, 27 November 2011

Paragraf

Pengertian paragraf
Paragraf [n] bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru); alinea.
1. Ide pokok
Ide pokok adalah hal yang dibahas dalam paragraf atau pikiran yang menjiwai seluruh paragraf. Setiap paragraf memiliki ide pokok. Ide pokok itu pada umumnya tersurat dalam  paragraf, tetapi mungkin juga tersirat. Ide pokok yang tersurat biasanya berada di bagian awal, bagian akhir paragraf, atau di bagian awal dan dipertegas pada bagian akhir. Untuk lebih jelasnya baca contoh berikut.
a. Untuk menjaga subsidi listrik tetap 60 triliun sesuai amanat APBN, pemerintah berencana memperluas penerapan TDL non subsidi kepada pelanggan bisnis dan rumah tangga sampai ke golongan 1.300 VA. Perluasan TDL nonsubsidi itu akan diperlakukan mulai September tahun ini.
b. Setiap hari, Aditya bangun pagi setengah lima. Setelah berdoa ia lari pagi. Setelah keringatnya kering ia mandi. Setelah berolahraga ia sarapan pagi lalu berangkat ke sekolah. Setelah pukul 15.00 ia pulang lalu membantu orangtua membersihkan kebun. Sebagai selingan ia menonton berita.
Ide pokok paragraf a tersurat pada kalimat pertama yang ditunjukkan oleh rencana penerapan tarif dasar listrik. Paragraf b tersurat pada seluruh paragraf yakni kehidupan Aditya sehari-hari. Ide pokok diwujudkan dalam bentuk frasa yang merupakan intisari dari kalimat utama. Oleh karena itu ide pokok dalam sebuah paragraf berbentuk frasa.
Cara menemukan ide pokok paragraf dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, "Apakah yang diungkapkan dalam paragraf ini?" Jawaban dari pertanyaan itulah IDE POKOK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar