A. Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan Dalam Pembelajaran
B. Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan dalam Pembelajaran
C. Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi terjemahan dalam pembelajaran
D. Membandiingkan Puisi Indonesia dan puisi Terjemahan dalam pembelajaran
E. Membandingkan Puisi Indonesia dan puisi terjemahan dalam pembelajaran
27. Perhatikan topik berikut!
1. otonomi
daerah
2. kearifan
lokal
3. pengelolaan
wisata
|
A. Kearifan lokal akan meningkatkan kualitas otonomi daerah dan pengelola wisata.
B. Pengelolaan wisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial.
C. Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh.
D. Pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan lokal, di
antaranya dalam mengelola wisata.
E. Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada
pengelolaan pariwisata.
28. Topik : Mengatasi penysutan areal pertanian
Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A. Mengapa areal pertanian banyak dijadikan kawasan industri?
B. Bagaimana cara mengantisipasi penyusutan areal pertanian?
C. Siapa yang menyebabkan susutnya areal pertanian di desa-desa?
D. Berapa banyakkah areal pertanian yang susut tahun ini?
E. Mengapa areal pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman?
29. Cermati ilustrasi berikut!
Novel “Bekisar Merah” dengan okoh Sasi
mengisahkan kehidupan penduduk Karangsoga yang miskin. Pemaparan alam
pedesaan sangat kuat. Tokoh cerita digambarkan melalui suara batinnya.
Penulisannya sangat akrab dengan setuasi pedesaan dan kemiskinan.
|
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel tersebut adalah
A. Penduduk Karangsoga yang miskin diangkat oleh penulis "Bekisar Merah" agar
kita lebih paham memaknai kemiskinan.
B. Novel ini mengisahkan tokoh-tokoh yang hidup di Karangsoga termasuk Sasi yang
hidup dalam kemiskinan.
C. Novel ini menggambarkan batin tokoh-tokoh yang miskin yang tinggal di
Karangsoga tempat tinggal penulis.
D. "Bekisar Merah" perlu dibaca orang yang ingin mengentaskan kemiskinan
karena batin orang miskin bisa dirasakan.
E. Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mempu mengangkat desa miskin
Karangsogsa melalui batin pelakunya dalam sebuah novel.
30. Cermati dialog berikut!
Husna : “Sakit apa, Mbak?”
Astuti :”Sakit perut, sudah beberapa hari.”
Husna : “Mbak selalu ke dokter ini? Apa setiap
hari juga banyak pasiennya?”
(Sambil melihat beberapa
pasien yang menunggu)
Astuti : “Setahu saya begitu, setiap hari banyak
dikunjungi pasien. Padahal
dokter lain juga ada.”
Husna : “Dokternya punya kelebihan?”
Astuti : …
Husna : “O, pantaslah kalau begitu.”
Astuti : “Banyak orang yang sembuh setelah
ditangani dokter ini.”
|
adalah ...
A. Ya, anaknya banyak, tujuh orang.
B. Setahu saya dia biasa saja.
C. Dia dokter yang bertangan dingin.
D. Dioa punya apotek yang cukup besar.
E. Obatnya selalu obat warung saja.
31. Perhatikan penggalan paragraf dengan saksama!
(1) Dukungan masyarakat merupakan modal
yang cukup strategis untuk
meningkatkan keberhasilan tugas polisi. (2) Bersikap santun saat menangani
persoalan masyarakat dapat menimbulkan empati, sekaligus memotivasi masyarakat untuk membantu tugas-tugas polisi. (3)
Polisi yang kurang profesionalisme dalam
menjalankan tugas akan menimbulkan rasa tidak puas dari masyarakat. (4) Memang, ini tidak
mudah karena penuh dengan dinamika yang harus didesain agar sejalan dengan kondisi masyarakat. (5) Di samping
itu, polisi juga harus mempu mengelaborasi
kebutuhan masyarakat atas jaminan keamanan dan perlindungan.
|
Kalimat yang menggunakan istilah tidak tepat adalah ...
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
32.Cermati kutipan berikut!
Kembang sepatu di Indonesia banyak dijadikan
tanaman hias di Okinawa (Jepang) sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan
Okinawa, tanaman ini disebut bunga kehidupan sesudah mati sehingga banyak
ditanam di kuburan dan pusara. Di India bunga kembang sepatu dijadikan semir
sepatu dan sebagai bunga persembahan. Di Malaysia bunga disebut bunga raya
dan ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada 28 juli 1960. Jadi
tanaman kembang sepatu pemanfaatannya berbeda di beberapa negara.
|
A. Tanaman kembang sepatu banyak manfaatnya di beberapa negara.
B. Pemanfaatan tanaman kembang sepatu di beberapa negara berbeda.
C. Cara memanfaatkan kembang sepatu dapat dibandingkan.
D. Tanaman hias kembang sepatu sangat bermanfaat dalam kehidupan.
E. Kembang sepatu adalah tanaman yang unik dan bernilai.
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 33-34!
Kerusakan hutan di Indonesia selama
lima tahun (2000-2005) adalah dua persen per tahun, sementara di Brazil 0.6
persen. Perusakan itu sama dengan 1,87 juta hektare setiap tahun. Sama dengan
51 kilometer setiap hari atau sama dengan luas 300 lapangan sepakbola setiap
jam. Data itu dikemukakan oleh Hapsoro, juru kampanye hutan regional Greenpeace Asia Tenggara di Tugu
Proklamasi. Dengan angka-angka itu, Indonesia bisa masuk “The Guinness Book
of World Record” sebagai negara penghancur hutan tercepat di dunia.
|
33. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Apa saja yang dilakukan oleh Hapsoro unuk menyelamatkan hutan Indonesia?
B. Tepatkah data-data yang dipergunakan oleh juru kampanye hutan
regional Greenpeace itu?
C. Benarkan bahwa kerusakan hutan di Indonesia sudah tidak dapa diatasi?
D. Berapa persen kerusakan hutan yang terjadi di Inonesia pertahun
selama lima tahun?
E. Apa yang harus diperbuat dengan data-data yang dikemukakan Hapsoro?
34. Makna kata regional dalam paragraf tersebut adalah ...
A. pemerintahan daerah D. bersifat daerah
B. keluasan daerah E. kawasan daerah
C. pembatasan daerah
Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 35-37!
Salju
Karya
Wing Kardjo
Ke
manakah pergi
ke manakah lari
mencari
matahari
mencari api
ketika
salju turun ketika bara hati
pohon
kehilangan daun
padam tak berarti
kemanakah
jalan ke
manakah pergi
mencari
lindungan
selain mencuci diri
ketika
tubuh kuyup
dan
pintu tertutup
|
35. Makna lambang matahari dalam larik kedua puisi tersebut adalah ...
A. petunjuk C. keceriaan E. keindahan
B. kehidupan D. semangat
36. Maksud puisi tersebut adalah ...
A. Untuk mendapakan kebahagiaan hidup, seorang harus menyesali dosa-dosanya.
B. Keputusasaan seseorang dalam mencari anggota keluarganya yang hilang.
C. Kehidupan rumah tangga yang gagal karena tidak ada pertolongan.
D. Berbagai upaya harus dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kebahagiaan hidup.
E. Gambaran kehidupan ketika musim salju mulai turun dan tidak ada kehangatan.
37. Suasana yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut adalah ...
A. kebimbangan C. kesemarakan E. kegembiraan
B. ketenteraman D. kedamaian
38. Cermati gurindam berikut!
Cahari
olehmu akan kawan
Pilih
segala orang yang seiawan
|
A. Carilajh kawan di antara para setiawan.
B. Carilah kawan dengan memilih para setiawan.
C. Berkawanlah dengan kesetiaan yang sejati.
D. Berkawanlah dengan orang yang setia.
E. Kawan adalah semua orang yang setia.
Cedrmati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 39-40!
(1) Faktor manusia adalah penyebab
dominan dalam kecelakaaan lalu lintas di jalan raya. (2) Kecelakaan terjadi
karena pengemudi atau pengguna jalan tidak mengindahkan peraturan lalu
lintas. (3) Pengguna jalan raya hanya memikirkan kepentingannya sendiri tanpa
memikirkan daripada keselamatan dirinya atau orang lain. (4) Sering pula
pengendara ugal-ugalan mengendarai kendaraannya dalam keadaan mabuk atau
terpancing emosinya karena didahului kendaraaan lain. (5) Ada pula pengemudi
yang mengantuk memaksakan dirinya untuk terus menjalankan kendaraannya
sehingga kendaraan lepas dari kendali.
|
39. Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Hal yang tidak bisa dihindari pengendara di jalan raya.
B. Pengendara dan pejalan kaki sama-sama tidak mematuhi tata tertib.
C. Faktor dominan dalam kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
D. Kelalaian pengguna jalan raya yang mengakibatkan kecelakaan.
E. Kurangnya kewaspadaan dan kehati-hatian pengguna jalan raya.
40. Kalimat rancu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
41. Cermatilah paragraf surat lamaran berikut!
…
Demikian
lamaran kami, atas perhatiannya saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih.
|
A. Demikian lamaran saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
B. Demikianlah, atas perhatian Bapak, saya ucapkan banyak terima kasih.
C. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
D. atas perhatiannya, dengan ini saya mengucapkan terima kasih.
E. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
42. Cermati ilustrasi berikut!
Pada acara pentas seni tutup
tahun, OSIS SMA Nusa Bangsa mengundang setiap kelas untuk berpartisipasi
dalam kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu 30 Juni
2012 pukul 19.00 sampai pukul 23.00 WIB. Pentas seni akan diselenggarkan di
gedung pertunjukan Sutejo.
|
A. Hari : Sabtu
Tanggal : 30 Juni 2013
Waktu : Pukul 19.00 - 23.00 WIB
Tempat : Gedung Sutejo
Acara : Pentas seni tutup tahun
B. HARI : Sabtu
Tanggal : 30 Juni 2013
Waktu : Pukul 19.00 - 23.00 WIB
Tempat : Gedung Sutejo
ACARA: Pentas seni tutup tahun
C. HARI : Sabtu
TANGGAL: 30 JUNI 2013
WAKTU: Pukul 19.00 - 23.00 WIB
TEMPAT:GEDUNG SUTEJO
Acara : Pentas seni tutup tahun
D. hari : Sabtu
tanggal : 30 Juni 2013
waktu : pukul 19.00 - 23.00 WIB
tempat : Gedung Sutejo
acara : pentas seni tutup tahun
E. hari : Sabtu
tanggal : 30 Juni 2013
waktu : Pukul 19.00 - 23.00 WIB
Tempat : Gedung Sutejo
Acara : Pentas seni tutup tahun
43. Cermati paragraf generalisasi!
Pak
Subhan memiliki kebun kelapa sawit seluas sepuluh hektar di desa Rantau
Berbuah. Mahmud adiknya memiliki kebun sepuluh hektar. Di desa yang sama, Pak
Karsa, sepupu Pak Subhan, juga memiliki kebun kelapa sawit seluas sepuluh
hektar, tak jauh dari kebun kakaknya. Tahun ini merupakan tahun kelima bagi
mereka menanam kelapa sawit dan berhasil dengan sangat menggembirakan.
|
A. Dengan demikian, tidaklah heran keluarga Pak Subhan dikenal sebagai
petani kelapa sawit yang berhasil.
B. Dengan demikian banyak keluarga yang ingin memiliki kebun kelapa sawit karena
untungnya banyak.
C. Oleh karena itu, Desa Rantau Berbuah dikenal dengan desa kelapa sawit
milik pemerintah.
D. Oleh karena itu, tiga warga Desa Rantau Berbuah, merupakan orang
terkaya di desanya.
E. Jadi, tahun kelima merupakan tahun menggembirakan bagi warga
Desa Rantau Berbuah.
44. Cermati silogisme berikut!
Premis umum : Siswa yang baik selalu belajar dengan
teratur.
Premis
khusus : Mely siswa yang baik.
Simpulan : …
|
A. Karena itu Mely naik kelas karena belajar dengan teratur.
B. Mely adalah siswa yang selalu belajar.
C. Jasi, Mely selalu belajar dengan teratur.
D. Berarti cara belajar Mely sudah benar.
45. Cermati paragraf berikut!
Perpisahan kelas XII diadakan di gedung
yang terletak di komplex ABRI. Hari
ini mereka mengadakan gladi bersih. Tampaknya, acara mereka tersusun sangat sistematick. Kerja keras panitia akan
membuahkan hasil memuaskan.
|
paragraf tersebut adalah ...
A. komplek, glady, sistematic D. kompleks, geladi, sistematis
B. komplek, glady, sistematika E. komplek, geladi, sistematis
C. kompleks, geladi, cytematic
46. Cermati kutipan cerpen!
Don, tampaknya
kau sudah tidak mau lagi bertemu denganku. Tolong, dengarkan baik-baik
perkataanku ini! Aku bukanlah perempuan murahan. Simpan baik-baik kalimat
tadi dalam memorimu. Siapa bilang perempuan hanya bisa bermain hati tanpa
rasio. Aku berusaha sekuat tenaga meyakinkan Doni. Namun, upayaku sia-sia,
seperti …
|
B.Melukis di atas air. E. Kerakap tumbuh di batu.
C. Kacang lupa akan kulitnya.
47.Cermati paragraf berikut!
Pesatnya perkembangan iptek telah
menggungah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah
mengherankan jika media massa terus … memenuhi kebutuhan pembacanya akan
sajian-sajian iptek. Dengan intensitas dan visi yang berbeda-beda, setiap
media akan … tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun
dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut …
dengan bahasa dan gaya populer penulisan.
|
A. dicoba, mensajikan, mentampilkan D. mencoba, menyajikan, ditampilkan
B. mencoba, menyaji, menampilkan E. mencobakan, disajikan, ditampilkan
C. mencoba, menyajikan, menampilkan
48. Cermati penggalan cerpen!
Tidak lama bus Trans Jakarta tiba di
terminal Pulo Gadung. Kami bersiap-siap turun, antre bersama penumpang yang
lain.
“Lebih baik Ibu langsung ke loket
pembelian karcis, “ kataku kepada ibu yang tadi duduk di sebelahku. … Saya
menyarankan dia untuk naik bus “Damri”. Bis ini dikenal memiliki pelayanan
yang baik.
“Terima kasih, ya, “ katanya sambil
tersenyum. “Nanti sore saya terbang ke Surabaya.” “…”
|
A. Ibu itu langsung bergegas menuju ke arah loket.
B. Kami berpisah setelah bersalaman terlebih dahulu.
C. Ia akan pergi ke Yogya untuk menengok anak.
D. Kalau begitu ibu naik "Garuda" saja.
E. Saya mengajaknya langsung membeli karcis.
49. Cermati paragraf esai!
Sajak-sajak yang
ditulis generasi penyair masa kini termasuk karya yang cukup baik. Para
penyair masa kini merupakan orang-orang kreatif pada zamannya. Hanya mereka
masih membutuhkan kemampuan lain untuk mengasah kepekaan esteis dalam memilih
diksi dan metafora. Kemampuan yang dapat ditingkatkan dari kebiasaan membaca
realitas yang hadir di lingkungannya. Kebiasaan yang tidak akan didapat dari
bangku sekolah.
|
A. Kepekaan estetis dapat diasah melalui kebiasaan membaca realitas yang hadir di
lingkungan dan di bangku sekolah.
B. Generasi penyair masa kini masih harus mengasah kepekaan estetis melalui
membaca realitas yang hadir di lingkungannya.
C. Kreativitas penyair masa kini tercermin melalui karyanya yang teliti
dalam memilih diksi dan metafora.
D. Pemilihan diksi dan metafora dalam karya-karya penyair masa kini tidak
diperoleh dari bangku sekolah.
E. Kepekaan penyair masa kini mencerminkan kreativitas yang diasah
melalui belajar di lingkungannya.
50. Cermati kutipan cerpen!
…
Akulah Jibril, yang angin adalah aku, yang
embun adalah aku, yang asap adalah aku, yang gemersik adalah aku, yang
menghantarkan panas dan dingin. Aku mengirimkan kesejukan, pikiran segar yang
mengajak giat belajar. Aku adalah yang menyodorkan keheranan dan sekaligus
jawaban. Aku di kebun rimbun, aku di padang pasir, aku di laut, aku di
gunung, aku di udara, kukirimkan layang-layangku kepadamu, kepada kalian.
… (Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat: Danarto
|
A. Danarto dikenal sebagai penulis cerpen yang religius, tercermin dalam
tokoh cerpen yang telah ditulisnya.
B. Menurut pembaca harus lebih cermat untuk memahami isi cerita
karena banyak menggunakan kata-kata lambang.
C. Penggunaan kalimat-kalimat yang unik membuat cerpen ini diminati
pembacanya.
D. Cerpen Danarto pada umumnya beraliran religius sesuai dengan
latar belakang pendidikan beliau.
E. Penggunaan kalimat yang sederhana memudahkan pembaca
untuk memahami isi cerita.
Kunci:
26. A 36. A 46.B
27. D 37. A 47. D
28. B 38. D 48.D
29. E 39. C 49.B
30. C 40. C 50.B
31.
C 41.C
32. B 42.D
33. D 43.A
34. E 44.C
35. B 45.D
|
(Pratomo Hadi P.)
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل