(1)
Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal polutan gas
ataupun butiran padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara
yang mengandung polusi gas ozon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap
oleh tegukan hutan dalam waku delapan jam. (3) Komplek industri yang
mengeluarkan polutan belerang dioksida itu Uni Rusia ternyata berkurang
dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500m yang mengelilingi kawasan
industri tersebut. (4) Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam
penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah air dan udara walaupun peran
pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang
tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar.
|
01. Ide pokok paragraf tersebut di atas adalah ...
A. pencegahan pencemaran D. populasi gas ozon
B. kemampuan hutan E. penetralisasi polusi
C. penyelamat lingkungan
02. Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (2) D. (3) dan (4)
B. (1) dan (5) E. (4) dan (5)
C. (2) dan (3)
03. Kata tidak baku terdapat pada kalimat ...
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
Wacana untuk soal nomor 4-5!
(1)
Situs purbakala di kawasan Banda Aceh kuno saat ini dalam kondisi
terbengkelai. (2) Rumput ilalang tumbuh subur di kawasan itu. (3) Makam-makam
kuno peninggalan masa kerajaan Aceh yang dibuat sekitar abad 17 dan ke-18
berserak tak terurus. (4) Banyak yang tidak utuh atau terbelah. (5) Sebagian
besar batu nisan berkaligrafi musnah terbawa tsunami atau diambil orang. (6)
Manuskrip batu nisan berserakan dan tak diketahui lagi posisi awal. (7)
Padahal, tulisan kaligrafi pada nisan itu mempunyai pesan dan atau teks
sejarah yang berguna.
|
04. Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
05. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ....
A. Semua makam kuno di Banda Aceh musnah karena terbawa tsunami.
B. Pemerintah diharapkan segera mengumpulkan lagi peninggalan yang ada.
C. Komplek makam yang hilang direnovasi kembali oleh pemerintah.
D. Situs purbakala Banda Aceh telah ditata kembali oleh pemerintah daerah.
E. Tulisan klaigrafi pada nisan berisi data diri yang meninggal.
No
|
Kurs Valas
|
Kurs valas Juni 2011
| |
28 Juni
|
30 Juni
| ||
1
|
GBP
|
13.700
|
13.800
|
2
|
EUR
|
12.300
|
12.400
|
3
|
AUD
|
9.000
|
9.200
|
4
|
JPY (100)
|
10.700
|
10.600
|
06. Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah ...
A. Pada tanggal 28 dan 30 tiap-tiap kurs valas mengalami kenaikan.
B. Kenaikan kurs valas tertinggi pada kurs nomor 3 dan 4.
C. Kurs valas nomor 4 tidak mengalami kenaikan.
D. Kenaikan kurs valas pada nomor 1, 2, dan 3 besarnya sama.
E. Besar kenaikan kurs valas pada nomor 1 dan 2 tidak sama.
07. Simpulan yang tepat berdasarkan tabel di atas adalah ....
A. Kenaikan setiap kurs valas sebanding satu dengan lainnya.
B. Kenaikan kurs valas (1) sama dengan krus valas (4).
C. Kenaikan rendah terjadi pada kurs valas nomor (3).
D. Kurs valas mengalami kenaikan setai hari.
E. Kenaikan kurs valas tanggal 28 ke tanggal 30 Juni relatif stabil.]
Wacana untuk soal nomor 8 dan 9!
Sebermula
ada sebulan selangnya, maka pada suatu hari raja semayam di balairung diadap
oleh segala menteri hulubalang dan rakyat sekalian. Maka barang siapa
bercakap mengobati raja itu; jikalau sembuh penyakitnya, diambil raja sebagai
menantu.
|
08. Karakteristik yang mengganbarkan bahwa naskah tersebut karya Sastra
Melayu Klasik adalah ....
A. istanasentris dan kesaktian seseorang.
B. istanasentris dan struktur kalimat rancu.
C. struktur kalimat rancu dan kemustahilan.
D. kemustahilan, tokohnya binatang.
E. tokohnya binatang, kesaktian seseorang.
09. Isi cerita yang diungkapkkan dalam kutipan di atas adalah ...
A. Di balairung raja berjanji akan mengambil menantu bagi yang dapat
menyembuhkan penyakitnya.
B. Siapa pun yang dapat mengobati raja di balairung akan diambiul
menantu di hadapan menteri dan hulubalang.
C.Raja yang bersemayam di ballairung karena sakit, membuat
janji kepada menantunya.
D. Para menteri dan hulubalang menghadap raja di balairung
sambil mengobati raja.
E. Rasa sakit raja ketika bersemayam di balairung terobati
karena raja akan mengambil menanu.
Wacana untuk nomor 10!
Maka
apabila sampailah dekat kepada kampung orang yang empunya kampung itu melihat
akan dia, maka diusirnyalah dengan kayu, maka si miskin itu larilah, ia lalu
ke pasar. Maka, apabila dilihat oleh orang pasar itu si Miskin datang, mereka
masing-masing pun datang, ada yang melontari dengan batu, ada yang memalu
dengan kayu, maka si Miskin itu pun larilah tunggang langgang. Tubuhnya habis
berlumur darah. Maka menangislah ia tersedu-sedu sepanjang jalan itu dengan tersangat
lapar dahaganya seperti akan matilah rasanya. Maka ia pun bertemu dengan
tempat orang membuangkan sampah-sampah. Maka, berhentilah ia di sana, maka
dicaharinyalah di dalam sampah yang bertimbun itu barang yang boleh dimakan.
|
10. Nilai moral yang kurang baik dari kutipan di atas adalah ....
A. Kepedulian masyarakat pada kehidupan sekitarnya.
B. Ketidakpedulian masyarakat pada orang miskin.
C. Sikap orang miskin yang tetap bertahan hidup.
D. Perlakukan orang kampung pada orang pasar.
E. Pengusiran orang miskin dari kampung atau kota.
Wacana untuk soal nomor 11!
Mereka terkejut melihat harimau sangat lincah melepaskan Pak Balam dari cengkeramannya. Harimau itu menghilang ke dalam hutan yang sangat gelap di tengah malam itu. Dengan cepat mereka berlari dan menuju ke tempat Pak Balam terbaring. Dalam cahaya samar-samar dari potongn kayu yang menyala, mereka melihat betapa kaki kiri Pak Balam lukanya bengkak sekali, betisnya kena gigitan harimau, daging dan otot betis koyak hingga kelihatan tulangnya yang putih, dan darah mengalir berwarna merah. |
11. Frase adjekiva yang tepat untuk memperbaiki frasa yang tercetak miring
dalam paragraf tersebut adalah ...
A. sangat besar, besar benar, teramat banyak.
B. sangat besar, amat parah, amat banyak.
C. cukup besar, sakit sekali, tak tertahankan.
D. agak besar, paling lebar, seperti air.
E. tinggi besar, paling lebar, seperti air.
12.
Jasa-jasa
ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan air
bersih, pengendalian erosi sehingga banjir, pengaturan iklim lokal,
penyerapan karbon, perikanan air tawar, bahwa keindahan alam pendukung
industri pariwisata. Jasa-jasa ini dapat tersedia maupun Kawasan
Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara fungsinya sebagai suatu kesatuan yang
utuh.
|
Kata penghubung yang tepat untuk memperbaiki kata penghubung yang bercetak
miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. atau, tetapi, sebab C. serta, yakni, dan E. karena, misalnya, apabila
B. yaitu, bahkan, bahwa D. dan, serta, jika
13. Paragraf Persuasif
(1) Saudara, data yang dikeluarkan US National Library menyebutkan kanker usus menempati urutan ke-2 penyebab kamatian sedangkan di Indonesia data dari RSCM Jakarta menyebutkan, setiap tahun menerima lima puluh pasien baru penderita kanker usus. (2) Kanker usus terjadi karena transit makanan dalam usus besar dalam waktu yang lama dan ditandai oleh buang air besar tidak setiap hari. (3) Hal ini akan menyebabkan zat karsinogenetik (penyebab kanker) dalam makan mengendap pada dinding usus sehingga memicu pertumbuhan kanker. (4) Untuk mencegah kanker usus sebaiknya kita mengubah pola makan dari banyak mengandung lemak menjadi makanan yang kaya serat. (5) Penuhilah kebutuhan serat Anda dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar. (6) Saat ini untuk mendapatkan buah-buah segar tidaklah sulit karena hampir setiap pojok di tepi jalan terdapat penjual buah |
Kalimat persuasif pada kutipan pidato tersebut yang sesuai dengan topik adalah nomor ....
A. (1) dan (2) D. (4) dan (5)
B. (2) dan (3) E. (5) dan (6)
C. (3) dan (4)
Cermati paragraf deskripsi tersebut!
Meja kecil itu unik sekali. Bentuknya bulat lonjong. Di salah satu sisinya terdapat sebuah laci diberi ukiran bagian tutupnya. Kaki mejanya berjumlah empat .... Antarkaki dihubungkan dengan anyaman rotan untuk memperkuat berdirinya meja tersebut. |
14. Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Bentuknya seperti kaki kucing yang mencengkeram kukunya.
B. Fungsi kaki meja untuk menahan permukaan meja kecil.
C. Memang banyak orang membuat kaki meja seperti binatang.
D. Bentuk kaki meja yang sering digunakan untuk kaki meja beragam.
E. Kekuatan meja bergantung kepada kekuatan kakinya.
15. Pantun
Pergi berlibur ke pantai
Pulangnya naik odong-odong
Jadilah anak yang pandai
…
|
A. Jangan selalu tolong-menolong.
B. Perangai baik dan tidak sombong.
C. Punya teman suka menolong.
D. Jangan bicara omong kosong.
E. Punya otak janganlah bolong.
16. Puisi
Kehidupan
Dialah Sang Sutradara
Dan kita semua para …
Maka persoalan uang utama
Bagaimana memainkan peran kita
Karena kita tak bisa memilih
Mari bermain dalam bimbingan-Nya
|
A. penontonnya C. artisnya E. penerusnya
B. aktornya D. oratornya
17. Narasi
Ombak yang bergulung lembut
sore itu benar-benar menunjukkan pesona. Perahu dengan layar warna-warni
menghias diorama nyata alam terbuka. Kilau rona kemuning bias sinar matahari
sore. Sementara itu, wajah kecut wanita muda berpaling bahwa pesona keindahan
alam tak mau berpihak pada kisah asmaranya. Pemuda yang telah melukis kisah
indah di hatinya ternyata keimanannya dikalahkan hanya dengan pujian
memabokkan dan …. Rasanya tinggak kekecewaan yang sedang dilempar ke ufuk
biar tenggelam, tetapi mana mungkin?
|
A. membuka hati C. mulut manisnya E. kelembutan hati
B. kebahagiaan semu D. mulut berbisa
18. Paragraf
Setiap orang memiliki perbedaan, mulai
perbedaan fisik, pola berpikir, cara merespon, dan cara mempelajari hal yang
baru. Dalam hal belajar, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam
menyerap pelajaran. Bahkan, dapat dipastikan bahwa setiap orang menerapkan
cara belajar yang berbeda-beda.
|
A. Oleh karena itu, kita harus menerima kekurangan orang lain.
B. Dengan demikian, setiap manusia memiliki kekhususan.
C. Jadi, janganlah memaksakan kehendak kepada orang lain.
D. Setiap orang harus belajar dengan cara yang berbeda-beda.
E. Belajar merupakan kebutuhan setiap manusia di dunia.
Bacalah tajuk rencana di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 19-20!
Bank
Dunia mengingatkan beban berat yang ditanggung anggaran pendapatan dan
belanja negara terkait subsidi bahan bakar minyak (BBM). Peringatan itu
bukanlah yang pertama. Bahkan, bukan sekadar peringatan melainkan juga
disertai saran dan jalan keluar. Pemerintah pun bukan tidak menyadari ancaman
pembekakkan subsidi itu. Sejak awal, Pemerintah telah menugaskan kalangan
perguruan tinggi untuk melakukan kajian yang akan dipakai sebagai dasar penetapan
kebijakanpengelolaan BBM bersubsidi. Beberapa opsi telah dihasilan, seperti
menaikkan harga dan membatasi pemakaian. Jika Pemerintah mengambil opsi
menaikkan harga subsidi karena secara terukur disertai kompensasi bagi
masyarakat miskin, munkin bisa lebih diterima masyarakat. Apalgi, jika
penghematan anggaran subsidi itu
benar-benar untuk alokasi peningkatan anggaran belanja pembangunan
infrastruktur.
|
19.Opini penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Bank Dunia harus turun tangan mengatasi masalah BBM bersubsidi
di tanah air ini.
B. Penghematan anggaran subsidi harus dialokasikan untuk anggaran belanja
pembangunan infrastruktur.
C. Pemerintah hendaknya menyadari ancaman pembengkakan subsidi di
tanah air ini.
D. Pemerintah sebaiknya menaikkan harga BBM bersubsidi disertai kompensasi
bagi masyarakat miskin.
E. penghematan anggaran subsidi BBM digunakan untuk peningkatan
belanja negara.
20. Opini permasalahan dalam tajuk rencana tersebut ditujukan kepada ...
A. Bank Dunia C. pemerintah E. masyarakat
B. perguruan tinggi D. pengusaha
Bacalah kutipan novel berikut untuk mengerjakan soal nomor 21 dan 22!
Kepala sekolahnya adalah seorang pejabat penting.
Ibu Fescha namanya. Caranya ber-make up jelas memperlihatkan dirinya sedang
bertempur mati-matian melaewan usia dan tampak jelas pula, dalam pertempuran
itu, beliau kalah. Ia seorang wanita keras yang terpelajar, progresif,
ambisius dan sering habis-habisan menghina sekolah kampung. Gerak-geriknya
diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas sosialnya. Di dekatnya siapa
pun akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan beliau, ia sama seperti
orang melayu yang harus belajar memasak, bumbunya cukup tiga macam: pembicaraan
tentang fasilitas-fasilitas sekolahPN, anggaran ekstrakurikuler jutaan
rupiah, dan tentang murid-muridnya yang telah menjadi dokter, insinyur, ahli
ekonomi, pengusaha, dan orang-orang sukses di kota atau bahkan di luar
negeri. (LP, Andrea Hirata)
|
21. Tokoh Ibu Frischa yang angkuh dan sombong dideskripsikan melalui ...
A. dialog antarpelaku C. pikiran tokoh E. uraian langsung
B. lingkungan tokoh D. tindakan tokoh
22. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ....
A. Jadilah wanita yang terpelajar, tetapi tidak angkuh dan sombong.
B. Janganlah angkuh dan sombong kalau menjadi orang terpelajar.
C. Bersikaplah keras dalam memimpin, tetapi tetap santun dengan orang lain.
D. Bersikaplah rendah hati, santun, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat inggi.
E. Janganlah mengingkari kodrat atau yang diberikan kepada kita.
Baca wacana di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 23 dan 24!
Pria
kelahiran Medan, 26 Juli 1922, ini seorang penyair legendaries Indonesia yang
karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti
keabadian karyanya, pada Jumat 8 juni 2007, Chairil Anwar yang meninggal di
Jakarta 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan Kesenian Bekasi
(DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
Chairil
Anwar memang penyair besar yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia
meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan
diri dari penjajahan. Hal ini, antara lain tercermin dari sajaknya bertajuk Krawang-Bekasi,
yang disadurnya dari sajak The young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish
(1948).
Dia
menulis sejak Persetujuan dengan Bung Karno, yang merefleksikan dukungannya
pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.
Sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak diapresiasi orang
sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajak Aku,
diapresiasi sebagai dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka.
|
23. Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah ...
A. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman.
B. Mendapat penghargaan meski Chairil Anwar sudah lama meninggal.
C. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
D. Menulis sajak untuk mereflesikan dukungannya pda Presiden RI.
E. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.
24. Mengapa Chairil Anwar meskipun sudah meninggal, masih memperoleh penghargaan
dari DKB Award 2007?
A. Karena ia adalah penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup
sepanjang zaman.
B. Karena penghargaan ini untuk membuktikan keabadian karya-karyanya.
C. Karena ia telah menginspirasi para pejuang kemerdekaan melalui sajak
D. Karena ia menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya kepada Bung Karno.
E. Karena sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro diapresiasi sebagai
sajak perjuangan.
25. Cermati paragraf berikut!
Hari ini hari terakhir kami berkumpul
karena besok kami akan menuju ke tempat melanjutkan sekolah masing-masing.
Kami … Air mata tanpa disadari … Terasa berat hati untuk berpisah karena
tidak ada lagi canda gurau dan … yang menambah manis persahabatan kami.
|
A. salam-salam, linang-linangan, cela-celaan.
B. bersalam-salam, berlinang-linangan, tercela-cela.
C. menyalam-nyalami, linang-linangan, mencela-cela.
D. dislam-salami, berlinang-linang, cela-celaan.
E. bersalam-salaman, berlinang-linang, cela-celaan.
Kemungkinan jawaban. Tolong dicermati!
Kunci
01. B 11. B 21. D
02.
C 12. D 22. D
03.
C 13. D 23. C
04.
A 14. A 24. A
05.
E 15. D 25. E
06.
C 16. B
07.
E 17. D
08.
A 18. B
09.
A 19. D
10.
B 20. C
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar